HOME // Tips

 

Lima Penyakit Menular Seksual Yang Bisa Sebabkan Kematian

  Senin, 14 Juni 2021

Lima Penyakit Menular Seksual Yang Bisa Sebabkan Kematian
Ilustrasi

Lenterainspiratif.id – Waspada sejumlah penyakit seksual yang mudah menular dan dapat menyebabkan komplikasi jika tidak segera diatasi. Penyakit seksual sendiri merupakan penyakit yang dapat menular melalui hubungan seksual, namun sejumlah penyakit menular seksual ini masih bisa ditangani, terutama saat baru memasuki tahap awal.

Berikut 5 jenis penyakit seksual menular sebagaimana dikutip dari Medical News Today :

1. Klamidia

Klamidia merupakan infeksi yang disebabkan oleh chlamydia trachomatis, yakni infeksi umum yang bisa ditularkan melalui seks anal, vaginal, dan oral. Penyakit ini juga bisa ditularkan kepada bayi saat melahirkan.

Biasanya, klamidia tidak menimbulkan gejala apapun, tetapi penyakit ini bisa menyebabkan infertilitas dan komplikasi lainnya apabila tidak segera diobati. Jika gejala muncul, biasanya berupa perubahan pada lendir keputihan dan rasa perih saat buang air kecil.

Gejala yang timbul tersebut biasanya akan mulai terasa setelah 7-21 hari setelah orang tersebut tertular.

BACA JUGA :   Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Secara Online Biar Cepat

2. Herpes pada kemaluan

Virus herpes simpleks (HSV) merupakan virus yang kerap menyerang kulit, serviks, dan area kemaluan. Namun, virus ini juga bisa menyerang bagian tubuh lainnya. Terdapat dua tipe HSV, yakni HSV-1 dan HSV-2.

HSV-1 biasanya akan menginfeksi mulut. Virus ini bisa menyebar melalui air liur. Saat seks oral, virus ini bisa menular dan menginfeksi area genital. Sementara itu, HSV-2 biasanya menginfeksi area genital, anal, dan juga mulut. HSV-2 umumnya ditularkan melalui seks vaginal, oral, dan anal.

Laman: 123






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI