Pengamat Kebijakan Unair Surabaya Soroti Soal RUU KUP - Lentera Inspiratif

HOME // Daerah // Jawa Timur

 

Pengamat Kebijakan Unair Surabaya Soroti Soal RUU KUP

  Sabtu, 12 Juni 2021

Pengamat Kebijakan Unair Surabaya Soroti Soal RUU KUP
Gitadi Tegas

Lenterainspiratif.id | Surabaya – Pengamat Kebijakan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Gitadi Tegas menyoroti soal Kebijakan pemerintah yang berisi rencana pemungutan pajak sembako hingga sekolah yang tertuang dalam RUU Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP).

“Secara umum saya sudah mengikuti berita seputar itu. Pada prinsipnya menurut cara pandang saya baik sebagai pengamat kebijakan maupun sebagai warga negara yang care kepada masyarakat luas, PPN yang pembebanannya pada end user atau konsumen terakhir yaitu rakyat jelata, jelas punya pemikiran semacam itu saja menurut saya sudah salah,” kata Gitadi saat di Surabaya, Sabtu (12/6/2021).

Menurut Gitadi kebijakan yang akan dilakukan oleh Pemerintah sangat tidak masuk akal. Pasalnya kebijakan publik harusnya menguntungkan rakyat bukan malah sebaliknya.

“Ide semacam itu sudah salah. Memang, saya ikuti keterangan Bu menteri jika ini masih gagasan awal untuk dilempar ke dewan, tapi bahwa para staf khusus atau staf ahli memiliki pemikiran seperti itu, menurut saya sudah salah kaprah. Dalam artian kebijakan publik didesain based on analisis yang kuat, data yang kuat, dan publik yang harus diuntungkan dalam sebuah kebijakan,” tegasnya.

BACA JUGA :   Terungkap Motif Pembacokan Pelajar di Trowulan Bermula Dari Balap liar

Tak hanya itu, ia juga menyayangkan bahwa kebijakan tersebut dicetuskan saat pandemi COVID-19. Dimana kondisi ekonomi masyarakat sedang terpuruk.

Laman: 123






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI