HOME // Jawa Timur // Peristiwa

 

Diduga Sungai Tercemar Limbah, Jadi Sebab Buaya Di Kali Sadar Muncul

  Rabu, 9 Juni 2021

Ternyata Kemunculan Buaya di Kali Sadar Mojokerto, Sudah Diketahui Sejak Lama
Sungai tempat kemunculan buaya

Lenterainspiratif.id | Mojokerto – Faktor alam diduga menjadi penyebab munculnya buaya muara di Sungai ( kali Sadar ) DusunToyorono, Desa Sukoanyar, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto. Buaya tersebut keluar dari habitat aslinya yang berada di sungai Brantas melalui pertemuan Sungai Brantas dengan Sungai Sadar, yang berada sekitar 400 meter dari lokasi kemunculan biaya, sebagaimana terlihat di video yang viral.

“Buayanya dari Sungai Brantas mampir ke Sungai Sadar. Soalnya di Sungai Brantas kemarin sungainya terkontaminasi. Jadi, buayanya cari air yang segar,” kata Kepala Dusun Toyorono, Andri Dwi Prasetyo, Rabu (9/6/2021).

Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Desa Sukoanyar, Priyanto. Penampakan buaya air tawar biasanya kerap muncul di pertemuan Sungai Sadar dengan Sungai Brantas. “Di kampung kami ada pertemuan Sungai Sadar dengan Brantas. Anak-anak pencari ikan biasa melihat di situ,” terangnya.

BACA JUGA :   KPU Kota Blitar Dapat Teror Jelang Pemilu 2020

Petugas Resort Konservasi Wilayah 9 Mojokerto-Sidoarjo Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jatim Abdul Jalal, telah mengecek ke lokasi munculnya buaya bersama pemerintah Desa Sukoanyar. Menurut dia, habitat buaya muara tersebut di Sungai Brantas.

“Jenis buaya muara atau buaya air tawar. Bisa tumbuh dua meter lebih. Yang di video kemarin kalau saya lihat umurnya remaja. Perkiraan sudah 6 tahun lebih umurnya,” jelasnya.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI