Pegiat Seni di Ponorogo Bangunkan Sahur Dengan Gamelan - Lentera Inspiratif

HOME // Daerah // Jawa Timur

 

Pegiat Seni di Ponorogo Bangunkan Sahur Dengan Gamelan

  Jumat, 16 April 2021

Pegiat Seni di Ponorogo Bangunkan Sahur Dengan Gamelan
Pasukan gugah sahur

Lenterainspiratif.id | Ponorogo – Membangunkan warga sahur sudah menjadi tradisi pada saat bulan suci ramadhan, biasanya masyarakat atau para remaja masjid (remas) membangunkan sahur melalui speaker di masjid, ada juga yang berkeliling sambil membawa kentongan, dan lain-lain. Namun berbeda dengan Pegiat seni di  Ponorogo punya cara unik untuk membangunkan warganya sahur, yakni dengan menabuh gamelan khas Reog Ponorogo.

Momen unik tersebut sempat diabadikan oleh seorang warga dan diunggah ke media sosial hingga viral. Dalam video berdurasi 44 detik itu terlihat ada dua mobil pickup yang membawa satu set gamelan Reog di Alun-alun Ponorogo.

Tampak kedua grup tersebut kompak memainkan musik khas tabuhan Reog. Di dalam video diterangkan, dua kelompok itu dari Sragi dan Tosari.

“Baru aja… Pasukan Gugah Sahur Di Aloon-Aloon Ponorogo. Tabuhan lurr. Edisi kangen Tabuhan Reog. Sak niki pun bar mergo podo arep SAHUR. Jajal awakmu enek pora ning video iku? info: mbh Jolodot,” berikut caption unggahan di akun @ponorogo.update.

BACA JUGA :   Soal Sawit, Gemuruh Dan BPN Kanwil Provinsi Malut Gelar Audiensi

Pegiat seni dan budaya di Ponorogo, Purbo Sasongko menjelaskan, kegiatan gugah sahur di Alun-alun kerap digelar dalam beberapa tahun terakhir. “Ya baik saja, sejak beberapa tahun kan sudah begitu. Namun dari sisi efektif saya rasa kok tidak lebih ke seneng-seneng tabuhan saja,” ujar Purbo, Kamis (15/4/2021).

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI