Tips Jaga Kesehatan Tubuh Saat Puasa Ramadhan - Lentera Inspiratif

HOME // Tips

 

Tips Jaga Kesehatan Tubuh Saat Puasa Ramadhan

  Senin, 12 April 2021

Tips Jaga Kesehatan Tubuh Saat Puasa Ramadhan
ilustrasi

lenterainspiratif.id | Jakarta – Bulan Ramadhan menjadi momentum yang ditungu-tunggu oleh muslim di seluruh dunia. Untuk bisa menjalankan ibadah puasa selama 30 hari di bulan yang sangat istimewa ini, umat Islam harus senantiasa menjaga kesehatan tubuh.

Namun, bagi sebagian masyarakat justru mereka bernapas-malasan dan enggan menjaga kesehatan saat berpuasa karena merasa menahan haus dan lapar.

Perilaku tersebut justru akan berdampak negatif terhadap tubuh. Pasalnya, akan banyak penyakit yang akan singgah jika kita tak bisa menahan diri ketika bulan Ramadhan tiba.

Berikut 5 tips agar tubuh Anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

1. Konsumsi Air Putih

Sesuai dengan anjuran pakar, minum air putih 8 gelas sehari dapat menjadikan tubuh tidak kekurangan ion yang ada didalamnya. Meskipun sedangan berpuasa, pakar kesehatan menganjurkanuntuk meminum 8 gelas setiap harinya. Hal ini dapat dibagi menjadi 2 gelas setelah berbuka, 2 gelas setelah salat Isya, 2 gelas setelah tarawih atau sebelum tidur dan 2 gelas pada waktu sahur.

BACA JUGA :   Lima Tips Agar Tubuh Sehat Bugar Selama Puasa Ramadhan

2. Olahraga Ringan

Meskipun sedang menjalankan ibadah puasa, Anda sebaiknya jangan berdiam diri. Atur waktu minimal 30 menit setiap harinya untuk berolahraga. Jika olahraga seperti bersepeda atau berlari dirasa berat, cobalah untuk berolahraga ringan seperti jalan kaki atau sekadar senam untuk melenturkan otot yang kaku.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI