HOME // Tips

 

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Ibu Menyusui dan Bayi

  Kamis, 8 April 2021

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Ibu Menyusui dan Bayi
Bawang putih

Lenterainspiratif.id – Bawang putih dikenal punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti membantu untuk mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Sejumlah kandungannya juga dapat menjaga tekanan darah tetap normal. Sehingga baik untuk orang yang memiliki tingkat kolesterol berlebih.

Meski memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan, tetapi tak sedikit orang yang enggan mengkonsumsi bawang putih karena aromanya yang sangat menyengat. Namun tahukah anda bahwa aroma pada bawang putih justru membuat bayi dapat menyusu lebih lama, sehingga bawang putih sangat bermanfaat untuk ibu menyusui.

Mengutip laman Being the Parent, bawang putih telah direkomendasikan untuk meningkatkan produksi ASI sejak dahulu kala. Sedangkan berdasarkan sebuah penelitian yang berjudul The effects of repeated exposure to garlic-flavored milk on the nursling’s behavior menunjukkan bahwa bayi dapat mentolerir bawang putih dalam makanannya selama disusui.

BACA JUGA :   Madu Bawang "Lanang" Jaga Stamina dan Tingkatkan Imunitas Kini Digemari

Berdasarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) di Amerika Serikat, mengkategorikan bawang putih sebagai GRAS (generally recognized as safe), yakni aman dikonsumsi saat menyusui.

Sebagaimana dikutip dari Momjunction, berikut beberapa manfaat bawang putih secara umum untuk kesehatan tubuh.

1. Membantu menurunkan berat badan

Beberapa studi menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih dalam bentuk fermentasi dapat membantu menurunkan berat badan. Ketika dijadikan bagian dari makanan yang seimbang, bawang putih dapat menghambat lipogenesis dan mengatur metabolisme lipid.

2. Menjaga kesehatan usus

Bawang putih dapat mendukung kesehatan usus melalui sifat prebiotik dan antibakterinya. Efek prebiotik dalam bawang putih dikaitkan dengan keberadaan fruktan, polisakarida yang tidak dapat dicerna, sedangkan sifat antibakteri dikaitkan dengan adanya senyawa organosulfur seperti allicin, Bunda.

3. Dapat meningkatkan kekebalan

Sudah tau bukan bahwa bawang putih juga dapat meningkatkan efek probiotik di usus, hal itu dikarenakan bawang putih mengandung Fruktan dan memberikan efek positif pada imunomodulator.

BACA JUGA :   62 Ribu Ton Bawang Putih Dari China Akan Masuk ke Indonesia

4. Efek anti inflamasi

Berdasarkan bukti anekdot bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi, hal itu dapat membantu ibu menyusui meredakan peradangan yang biasa terjadi saat menyusui seperti puting yang sakit dan mastitis.

5. Memiliki sifat antimikroba

Sariawan tak hanya dialami oleh orang dewasa, namun juga dapat terjadi pada bayi yang masih menyusu, hal itu disebabkan oleh infeksi jamur yang kerap terjadi. Namun jika ibu menyusui mengkonsumsi bawang putih, resiko bayi mengalami sariawan akan berkurang, karena terdapat sifat antimikroba pada bawang putih. ( tim )

<< Kembali | Selanjutnya >>






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI