HOME // Gaya Hidup

 

Manfaat Berpuasa Di Bulan Ramadhan

  Rabu, 7 April 2021

Manfaat Berpuasa Di Bulan Ramadhan
ilustrasi

Lenterainspiratif.id | Jakarta – Hikmah berpuasa di bulan suci Ramadhan adalah agar tubuh kita tetap sehat. Dimana pada saat berpuasa, tubuh akan mendapatkan asupan makanan yang terbatas dan lebih teratur.

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa orang yang berpuasa di bulan Ramadhan selama 1 bulan penuh, memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik di bandingkan orang lain yang tidak berpuasa.

Berikut sejumlah manfaat puasa Ramadhan menurut praktisi kesehatan yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof Dr dr H Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, berikut deretan manfaat berpuasa Ramadhan.

1. Menurunkan berat badan

Pada saat berpuasa ramadhan, seseorang pasti mengurangi asupan makanan yang ia konsumsi dari makan tiga kali menjadi dua kali saat sahur dan buka. Pembatasan makanan dan kalori ini tentunya memberikan dampak besar bagi tubuh.

BACA JUGA :   Selama Ramdhan, Desa Ini Sediakan 2 Liter Pertamax, Masker dan Hand Sanitizer Bagi Warga Yang Ngaji 1 Juz

Dengan pembatasan itu tubuh menjadi lebih mudah dalam menghancurkan lemak dan mengurangi banyak radikal bebas berbahasa dalam tubuh.

Dengan demikian, berat badan dan kolesterol menjadi menurun. Sementara itu, kadar gula darah juga menjadi lebih terkontrol. Konsumsi camilan yang berlebihan juga tentunya akan berkurang selama bulan suci Ramadhan.

2. Tubuh lebih sehat

Bagi seseorang yang merokok, konsumsi rokok setiap harinya tentu akan berkurang. Sehingga, saat berpuasa ramadhan tubuh menjadi lebih sehat. Lebih lanjut, para pengidap penyakit kronis, seperti hipertensi, kencing manis, obesitas, dan kolesterol tinggi, menjadi lebih mudah untuk mengontrol penyakitnya.

Hanya saja, hal ini hanya bisa dicapai jika saat berbuka puasa ramadhan tetap mengontrol asupan makan yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu cara untuk mengontrol asupan makanan saat berbuka puasa adalah dengan membatasi kalori yang dikonsumsi.

BACA JUGA :   Ning Ita Terapkan Pembatasan Selama Ramadan Cegah Penyebaran Covid-19

3. Makan lebih teratur

Saat berpuasa pola makan kita juga akan lebih teratur, hal itu membuat kita terhindar dari penyakit seperti, berkurangnya penyakit maag yang biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak beraturan.

Saat berpuasa, pasien pengidap maag akan memiliki waktu makan yang lebih teratur, yakni saat sahur dan berbuka.

4. Lebih mudah mengendalikan diri

Salah satu manfaat penting adalah mengendalikan diri hal itu menjadi salah satu faktor terpenting agar tubuh tetap sehat. Sebab jiwa yang sehat merupakan kunci tubuh menjadi sehat, sebagaimana diketahui sejumlah penyakit timbul karena jiwa yang terganggu.

Sebagai contoh, seseorang yang mengalami kecemasan tinggi akan cenderung mengalami kenaikan asam lambung. Sedangkan orang yang menderita hipertensi biasanya mengalami darah tinggi saat emosi.

Namun dengan berpuasa kita akan belajar mengendalikan diri dan diharapkan dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta produktifitas. ( tim )

BACA JUGA :   Jelang Ramadhan Polisi Amankan Penjual Serbuk Petasan di Ponorogo

<< Kembali | Selanjutnya >>






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI