HOME // Tips

 

Beberapa Hal Yang Dialami Tubuh Saat Orgasme

  Senin, 5 April 2021

Beberapa Hal Yang Dialami Tubuh Saat Orgasme
Ilustrasi

Lenterainspiratif.id | Jakarta – Orgasme atau klimaks adalah hal yang paling ditunggu saat sedang berhubungan seks, namun apakah anda tau apa yang terjadi pada tubuh kita saat sedang orgasme sehingga tubuh kita seakan melayang.

Berikut beberapa hal yang terjadi pada tubuh kita saat sedang orgasme :

1. Perubahan hormonal

Terapis psikoseksual Ellie Birtley mengatakan, tubuh memberikan respons hormonal ketika mendapat rangsang seksual. Respons ini terutama melibatkan esterogen, progesteron, dan testosteron.

“Segera setelah klimaks, otak wanita akan dipengaruhi oleh lonjakan dopamin. Efeknya, akan muncul rasa bahagia,” ujat Birtley, dikutip dari Women’s Health Mag.

2. Aliran darah meningkat

Sekurangnya ada 15.000 saraf di area panggul yang sensitif terhadap sensasi seksual. Saraf-saraf tersebut aktif ketika orgasme seiring terjadinya peningkatan aliran darah di area tersebut.

“Ciri khas dari fase ini adalah peningkatan aliran darah ke organ genital, mengakibatkan adanya pembengkakan dan lubrikasi pada vagina,” imbuh Birtley.

BACA JUGA :   Alasan Pria Sering Mengajak Pasangannya Untuk Morning Sex

3. Kontraksi pada otot

Birtley juga mengatakan, serangkaian kontraksi terjadi pada otot genital saat wanita tengah kontraksi. Pada saat itu otot akan mencapai kontraksi maksimalnya yang kemudian disusul dengan adanya sentakan dengan ritme yang teratur.

Sebuah studi terhadap lebih dari 1.000 wanita menemukan bahwa hanya 18 persen saja yang mencapai klimaks melalui penetrasi vagina. Sementara 37 persen responden mengaku juga membutuhkan rangsangan klitoris.

4. Orgasme bisa terjadi berulang kali

Pria pada umumnya hanya dapat klimaks satu kali tanpa henti dan kemudian memasuki fase refraktori. Refraktori merupakan jeda waktu berhenti untuk menunggu keluarnya sperma, yang biasanya berlangsung sekitar 15-20 menit.

Sedangkan wanita tak memiliki fase refraktori, yang berarti wanita dapat kembali orgasme apabila mendapat stimulus lanjutan, dan dapat disimpulkan bahwa wanita bisa orgasme lebih dari satu kali. ( tim )

BACA JUGA :   Posisi Morning Seks Untuk Pasangan Yang Sibuk Kerja

<< Kembali | Selanjutnya >>






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI