HOME // Tips

 

Lima Obat Herbal Atasi Sakit Gigi

  Senin, 29 Maret 2021

Lima Obat Herbal Atasi Sakit Gigi
Ilustrasi

Lenterainspiratif.id – Sakit gigi dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari, dapat membuat mood kita menjadi rusak sehingga kita akan mudah marah dan tersinggung. Kegelisahan hati kita saat sakit gigi akan semakin meningkat dimana kita tidak bisa ke dokter gigi disaat pandemi COVID-19 saat ini.

Untuk itu Lenterainspiratif.id membagikan beberapa obat alami sakit gigi, yang dikutip dari Healthline.

1. Air garam
Berkumur dengan larutan air garam dapat menjadi pertolongan pertama yang efektif bagi banyak orang. Ini karena air garam merupakan disinfektan alami dan dapat melonggarkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi.

Selain itu, pada penelitian yang dilakukan Nam Cong-Nhat Huynh bersama rekan-rekannya, ditemukan berkumur dengan larutan sodium chloride atau air garam dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka pada mulut.

Untuk mengurangi rasa nyeri pada gigi, gunakan larutan air garam sebagai obat kumur dengan mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.

BACA JUGA :   Lima Cara Atasi Hidung Tersumbat Dengan Bahan - Bahan Yang Ada Dirumah

2. Kompres air dingin

Sebagaimana dikutip dari Mayo Clini suhu yang dingin ternyata dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Sehingga jika anda sedang sakit gigi anda bisa mengompresnya dengan air dingin, hal itu membuat pembuluh darah pada bagian area yang trauma menjadi mengerut, sehingga rasa sakit dapat mereda.

Anda bisa memasukkan air dingin ke dalam kantor kompres kemudian bungkus dengan kain, kompres selama kurang lebih 20 menit dan ulangi hingga beberapa kali.

3. Bawang putih
Menurut penelitian yang dilakukan Leyla Bayan dan rekan-rekannya, bawang putih diketahui dapat membunuh bakteri berbahaya dalam mulut yang dapat menyebabkan plak gigi. Selain itu, bawang putih dapat digunakan sebagai pereda nyeri.

Untuk pengobatan sakit gigi, hancurkan satu siung bawang putih dan oleskan pada area yang terasa nyeri. Selain itu, penggunaannya juga dapat dengan cara mengunyah satu siung bawang putih secara perlahan.

BACA JUGA :   Alhi Gizi Menyebut Mie Instan Tak Baik di Konsumsi Setiap Hari, Apa Alasannya?

4. Daun jambu biji

Anda dapat mengunyah daun jambu biji untuk meredakan sakit gigi, atau anda dapat menggunakan air rebusan daun jambu biji yang sudah di tumbuk sebagai obat kumur.

Hal itu karena daun jambu biji memiliki sifat inflamasi yang dapat membantu dalam menyembuhkan luka. Pada penelitian yang dilakukan Denise R P Vieira dan rekan-rakannya, ternyata daun jambu biji juga memiliki antimikroba yang dapat membantu merawat area mulut

5. Minyak cengkeh

Yang terakhir adalah minyak cengkeh, minyak cengkeh merupakan antiseptik yang alami karena mengandung eugenol. Eugenol sendiri berfungsi mematikan rasa sakit gigi dan mengurangi peradangan.

Cara menggunakan minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi yakni dengan meneteskannya ke kapas kemudian di oleskan pada area yang nyeri, atau anda dapat mencampurkan beberapa tetes minyak cengkeh ke air dalam gelas dan menggunakannya sebagai obat kumur. ( tim )

BACA JUGA :   Manfaat Melakukan Morning Sex

<< Kembali | Selanjutnya >>






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI