HOME // Jawa Timur // Peristiwa

 

Bahaya Makan Cabai Berpewarna Menurut Ahli Gizi

  Selasa, 23 Maret 2021

Video Cabai Dicat di banyuwangi Trending Di Facebook Sempat Bikin Resah Warga
screnshoot video cabai dicat

Lenterainspiratif.id | Surabaya – Belakangan ini masyarakat tengah ramai memperbincangkan video yang sedang beredar di media sosial, yakni video proses pewarnaan cabai. Video itu di unggah oleh pemilik akun Facebook Agung Emfet Putra Blambangan, Agung Prasetyo Hadi (31) warga Dusun Sidodadi, Desa Karetan, Kecamatan Purwoharjo Banyuwangi.

Lalu apakah cabai yang di beri pewarna itu layak untuk kita konsumsi ? Dan apa saja bahannya jika kita mengkonsumsi cabai tersebut. Menurut Ahli Gizi RS Adi Husada Undaan Wetan, Elda Puspa SSt, mengkonsumsi cabai yang mengandung pewarna dapat menimbulkan banyak masalah bagi tubuh.

“Bisa mengganggu pencernaan, mual, muntah, diare dan pusing. Jika dikonsumsi terlalu sering bisa menimbulkan penyakit kronis lainnya seperti kanker,” kata Elda, Selasa (23/3/2021).

Menurut Elda, yang digunakan untuk mengganti warna cabai ini bukanlah zat pewarna makanan. Tetapi cat yang tidak boleh dikonsumsi.

BACA JUGA :   Siapkan New Normal Tempat Kebugaran Disemprot Disinfektan

“Karena terdapat zat-zat yang berbahaya. Dapat mengganggu kesehatan. Lebih baik hati-hati sebelum membeli cabai, dicuci hingga benar-benar bersih dengan air mengalir,” jelasnya.

Elda juga memberikan himbauan kepada masyarakat agar mencuci cabai hingga benar-benar bersih sebelum di konsumsi, dan memastikan tidak terdapat cat pada cabai.

Lda yang juga terus mengikuti perkembangan kasus pengecatan cabai itu pun memberikan saran kepada masyarakat, jika mendapati keluhan setelah mengkonsumsi cabai segeralah menghubungi dokter.

“Saya ikutin berita cabai dicat masih tahap penelitian lebih lanjut. Minum air putih yang banyak dan segera ke dokter,” pungkasnya. ( tim )

<< Kembali | Selanjutnya >>






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI