HOME // Foto // Wisata

 

Keindahan Dan Kesejukan Air Terjun Surodadu Pacet Mojokerto

  Jumat, 19 Maret 2021

Keindahan Dan Kesejukan Air Terjun Surodadu Pacet Mojokerto
Air terjun Surodadu

lenterainspiratif.id | Mojokerto – Menjelang akhir pekan jika mau berwisata paling tepat di Air Terjun Surodadu yang berada di lereng Gunung Welirang. Tepatnya di dusun Mligi, desa Claket, kecamatan Pacet. Atau hanya berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Mojokerto.

Setidaknya ada dua pesona keindahan yang dapat dinikmati pengunjung di Air Terjun Surodadu, yaitu hutan bambu yang masih terjaga kesastriannya serta yang utama tentu saja air terjun.

Suasana rindang hutan bambu langsung menyapa pengunjung begitu memasuki kawasan Air Terjun Surodadu. Pasalnya di kiri dan kanan sepanjang jalan setapak menuju air terjun, masih dipenuhi tanaman bambu yang dipertahankan kelestariannya.

Selain rimbunnya hutan bambu, daya tarik lain dari air terjun Surodadu adanya dua mata air yang mengalir kebawah. Satu mata air berada di atas lereng dan satunya berada di bawah lereng.

BACA JUGA :   Wana wisata Air Panas Pacet, Jadi Jujugan Ditengah Hiruk Pikuk Perkotaan Saat Pandemi Corona

Kedua mata air tersebut yang membentuk dua air terjun yang terpisah. Masing-masing berketinggian sekitar 3 meter dan 15 meter.
Selain jernih, kolam sekitar air terjun juga terbilang lumayan lebar. Cukup mengundang pengunjung menikmati kesegaran guyuran air terjun. Untuk menuju lokasi air terjun pertama, pengunjung mesti menyusuri jalan setapak sepanjang sekitar 100 meter dari tempat parkir.

Air terjun Surodadu

Disini pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam dari guyuran air terjun terjun 3 meter. Karena termasuk air terjun kecil, pengelola menamakan air terjun ini dengan Air Terjun Mini Surodadu.

Baru jika melangkah lebih gengsi lagi, pengunjung akan disuguhkan indahnya air terjun yang kedua atau yang utama. Berbeda dengan air terjun pertama, ketinggian air terjun kedua ini mencapai hingga 15 meter. Lokasi antara kedua air terjun ini sebenarnya sangat dekat, hanya berjarak sekitar 100 meter saja.

BACA JUGA :   Relax Cafe n Resto Tempat Nongkrong di Air Panas Padusan Pacet Sambil Nikmati Kesejukan Alam Pegunungan

Suguhan dua air terjun ini menjadi daya tarik utama Air Terjun Surodadu. Tak heran, meski baru beberapa saat di buka, Air Terjun Surodadu mampu menarik perhatian. Nyaris setiap hari kawasan wisata ini dipadati para pengunjung, baik dari Mojokerto maupun berbagai kota sekitarnya.

Air terjun Surodadu pacet

“Di sini memang terasa sejuk dan menyegarkan,” kata Rizal, salah seorang pengunjung dari Mojokerto yang mengajak rombongan teman-teman komunitas otomotifnya. Selain itu, bagi Aan dan teman-teman, tiket masuk air terjun ini juga masih sangat murah. “Cukup bayar Rp 5 ribu per orangnya,” tungkas Rizal.

Fery selaku Ketua Pengelola Air Terjun Surodadu mengatakan dengan keberadaan wisata ini, untuk memajukan anak-anak karang taruna desa. ”Jadi semua fasilitas yang ada di air terjun ini murni dari anak karang taruna desa mas,” katanya kepada kita dan Teman- Teman yang lain nya.

BACA JUGA :   IKBAR Jadi Akronim Istri MKP, Ikhfina-Al Barra

Pihak pengelola sempat mengeluh, sejak adanya Covid-19 pengunjung semakin berkurang. ”Semoga air terjun Surodadu semakin maju dan berkembang, soalnya di hari-hari biasa, terkadang juga sepi, ramainya biasa di saat weekend dan tanggal merah,” pungkasnya. ( ainul yaqin)

<< Kembali | Selanjutnya >>






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI