Tiga Menu Sarapan Membuat Kita Tak Bertenaga Dan Meningkatkan Resiko Terkena Penyakit - Lentera Inspiratif

HOME // Tips

 

Tiga Menu Sarapan Membuat Kita Tak Bertenaga Dan Meningkatkan Resiko Terkena Penyakit

  Senin, 15 Maret 2021

Tiga Menu Sarapan Membuat Kita Tak Bertenaga Dan Meningkatkan Resiko Terkena Penyakit
ilustrasi

Lenterainspiratif.id – Sarapan dinilai sebagai waktu yang sangat penting dalam memberikan nutrisi pada tubuh kita agar stamina kita terjaga, sehingga kita dapat menjalani aktivitas kita seharian. Namun tau kah kamu bahwa teori tersebut hanyalah mitos, pasalnya banyak orang masih sangat bugar dalam menjalani aktivitasnya meski tanpa sarapan, bahwa tidak sarapan dinilai lebih baik daripada sarapan dengan makanan yang dianggap kurang tepat.

Sebagai contoh, kandungan nutrisi yang sangat cocok kita konsumsi saat sarapan seperti serat, protein, serta lemak sehat yang bisa membuat perut merasa kenyang.

Sarapan dengan makanan yang tidak sehat dan kurang tepat justru dapat membuat tubuh kita merasa lemas, bahkan bisa juga menyebabkan kita terkena penyakit kronis yang membahayakan. Dikutip dari laman Healthline, berikut 3 makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi di pagi hari.

BACA JUGA :   5 Minuman Yang Dapat Mengatasi Kantuk Selain Kopi

1. Sereal

Sebagian besar orang menilai bahwa sereal merupakan menu sarapan yang tepat untuk anak-anak hingga orang dewas, terlebih lagi banyak sekali prodak sereal yang diklaim mengandung vitamin A dan zat besi.

Namu sebuah studi menemukan, bahwa bahwa anak-anak yang mengonsumsi sereal yang dianggap dapat meningkatkan fungsi sistem imunitas tubuh justru berakhir sakit sama seperti anak-anak yang tidak mengonsumsi apapun di pagi hari.

Fakta lain yakni, sereal justru mengandung lebih banyak gula yang justru dapat meningkatkan resiko obesitas type 2, penyakit jantung, dan penyakit lainnya.

2. Jus buah

Banyak orang kerap meminum segelas jus buah saat sarapan terlebih lagi orang yang tengah menjalankan program diet. Namun taukah kamu bahwa minum jus buah untuk sarapan dinilai menjadi pilihan sarapan yang sangat buruk.

Apa lagi, bagi kamu yang ingin merasa kenyang seharian, menurunkan berat badan, dan menghindari penyakit kronis. Sebab, sejumlah jus buah yang dijual di pasaran mengandung lebih banyak gula daripada sari buahnya.

BACA JUGA :   Khawatir Terkena Penyakit Diabetes ? Kontrol Gula Darah Anda Dengan Teh Kunyit, Begini Caranya

Mengonsumsi jus buah di pagi hari dapat meningkatkan tekanan darah lantaran jus buah tidak mengandung lemak atau serat yang dapat memperlambat penyerapan dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan turunnya insulin dan gula darah, sehingga kamu justru menjadi merasa mudah lelah dan lapar.

3. Roti dengan margarin

Siapa yang suka sarapan dengan selembar roti dengan olesan margarin? Nah kamu harus tau bahwa sarapan dengan roti dan olesan margarin dapat menurunkan kadar gula darah pada tubuh kita. Hal itu dikarenakan roti mengandung tepung yang memiliki kadar nutrisi dan serat yang sangat rendah.

Penurunan gula darah pada tubuh kita dapat membuat kita lebih cepat lapar, bahkan bisa juga membuat berat badan kita semakin naik. Sedangkan margarin sendiri mengandung lemak jenuh yang tidak sehat.

Meskipun belum ada studi yang menunjukkan bahaya lemak jenuh, namun lemak jenuh dapat membuat kita lebih rentan terkena penyakit.  ( tim)

BACA JUGA :   Lima Penyakit Menular Seksual Yang Bisa Sebabkan Kematian





 



Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI