HOME // Hobby

 

Cara Pemberian Pakan Ayam Bangkok Agar Nafas Panjang Dan Bertenaga

  Sabtu, 20 Februari 2021

Cara Pemberian Pakan Ayam Bangkok Agar Nafas Panjang Dan Bertenaga
ayam bangkok petarung ilustrasi

lenterainspiratif .id | Memiliki ayam aduan juara tak hanya melihat jenis ayam baik ayam bangkok, ayam birma atau auyam aduan lainya, namun yang perlu diperhatikan adalah pola makan ayam sebagai pembangunan tenaga, kondisi, nafas pada saat ayam berlaga.

Ayam aduan tanpa diberi makanan yang memadai akan mengakibatkan ayam aduan mudah kehabisan tenaga bahkan akan bisa menjadi menurunnya stamina dari ayam tersebut. Oleh karena itu stamina akan menjadi penentu seekor ayam aduan untuk memaksimalkan kemampuannya.

Stamina ayam yang bagus biasanya ditandai dengan keadaan ayam pada waktu bertarung tidak akan mudah capex ataupun tidak bernafas pendek. Untuk mencetak ayam aduan dengan stamina yang bagus selain ayam dirawat dengan sebaik-baiknya ayam juga diberikan makanan khusus untuk bekal nantinya dalam peraduan.

Perawatan Ayam bangkok, birma, atau ayam aduan lainya yang disiapkan bertarung sebaiknya ayam aduan diberi makan beras merah dalam takaran tetap setiap harinya. Beras merah adalah makanan ayam aduan yang tepat karena mengandung protein dan juga sedikit lemak namun jenis makanan tersebut kurang sempurna hasilnya untuk menambah tenaga dan stamina ayam aduan, oleh karenanya ayam aduan masih harus diberi makanan tambahan untuk menyempurnakan stamina dan kesehatan ayam tersebut.

BACA JUGA :   Cara Melatih Ayam Bangkok Agar Punya Pukulan Keras dan Akurat 

Sedangkan jenis makanan ayam aduan yang bagus untuk menambah stamina selain ayam diberi makan beras merah sebaiknya ayam diberi makanan tambahan yang berupa tahu mentah, gula aren dan pisang.

Tahu adalah alah satu makanan bagi manusia yang mengandung protein tinggi dan jenis makanan ini sangat baik jika diberikan pada ayam aduan dengan tujuan untuk menambah tenaga dan stamina ayam aduan tersebut karena tahu adalah sumber makanan yang mengandung protein yang berasal dari biji-bijian yaitu berasal dari biji kedelai. Adapun cara memberikannya bisa diiris menjadi beberpa bagian namun jangan kebanyakan dan cukup diberi 1-2 iris sebesar jari jempol/seukuran mulut ayam. Jika pemberian makan sudah terbiasa dan sudah dilakukan secara rutin maka hasilnya akan segera kelihatan dengan ditandai ayam tidak mudah capek.

Pisang adalah salah satu jenis makanan remisan dalaam upaya ayam aduan untuk memperbaiki pencernaan ayam aduan. Adapun cara pemberiannya bisa dilolohkan langsung kemulut ayam dengan seukuran jari jempol.

BACA JUGA :   Ciri Ayam Bangkok Pukul Saraf Dengan Akurasi Tinggi 

Memberi tambahan makanan dengan gula aren sebaiknya diberikan pada ayam dengan tujuan tertentu saja misalnya; ayam terlihat lemas atau ayam akan diabar karena jenis makanan tersebut jika sering diberikan keayam bisa menjadikan ayam gemuk atau makin berat.

Ketiga jenis makanan tambahan diatas merupakan makanan tambahan sehari-hari yang sangat cocok diberikan pada ayam dewasa yang sudah siap tarung untuk menambah tenaga dan stamina. ( tim )

<< Kembali | Selanjutnya >>






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI