HOME // Budaya // Hobby

 

Jenis Ayam Petarung Paling Populer

  Minggu, 17 Januari 2021

Jenis Ayam Petarung Paling Populer
Jenis Ayam Petarung Paling Populer

lenterainspiratif.id | Sebenarnya banyak jenis ayam petarung atau ayam laga, bukan hanya ayam bangkok saja yang bisa ditarungkan, namun banyak jenis ayam lain yang bisa ditarungkan dan kwalitas tarungnya juga tak kalah tangguh dengan ayam petarung jenis bangkok. Ada banyak jenis-jenis ayam petarung yang mempunyai kemampuan bertarung dengan baik dan bekualitas menjadi juara. Kekuatan mereka tidak kalah dari ayam yang berasal dari negeri gajah putih tersebut.

Berikut kita akan membahas ayam apa saja yang tangguh di arena laga dalam dunia sabung ayam :

Pertama  Ayam Bangkok

Di indonesia ayam bangkok merupakan ayam paling populer dalam dunia sabung ayam, ayam ini berasal dari  kota Bangkok, Thailand.

Kelebihan jenis ayam ini memiliki kegigihan dalam bertarung bahkan mampu bertarung hingga mati. seperti dengan ayam liar yang sanggup bertarung demi mempertahankan daerah kekuasaannya, walaupun ia harus mati dalam pertarungan. Benar-benear ayam petarung yang tangguh, maka dari itu banyak sekali pengemar sabung ayam menyukai ayam ini. Karena ayam ini mempunyai jika petarung yang tiada duanya.

Kedua adalah  Ayam Birma

Ayam Birma berasal dari daerah Burma atau Mnyanmar ayam tersebut sebenarnya  ayam liar atau biasa di sebut dengan ayam kampung yang berasal dari Burma atau Mnyanmar. Ayam birma belakangan ini sangat di sukai oleh penggemar sabung ayam.

Ayam jenis ini memiliki kelebihan dalam kecepatan saat bertarung. Dengan relatif ukuran badan kecil yaitu hanya berkisar 2.8 – 3 kg, ayam ini mampu mengalahkan ayam Bangkok dalam bertarung karena kelincahanya.

BACA JUGA :   Ciri Ayam Bangkok Pukul Saraf

Karakter ayam birma yang kuat, seringkali memberikan ide kepada para penggemar sabung ayam untuk mengawinkan ayam birma dengan ayam bangkok dengan bertujuan agar keterunan yang di hasilkan membawa dari karakter induk, memiliki badan besar dan kaki kekar seperti ayam bangkok dan mampu bertarung yang lincah dan gesit seperti ayam birma.

Ketiga Ayam Saigon

Ayam Saigon merupakan salah satu jenis ayam laga hasil persilangan yang di kembangkan di Vietnam. Ayam ini sering disebut ayam Bangkok Vietnam. Ayam saigon masuk ke Indonesia setelah ayam Bangkok namum sayangnya kepopulerannya tidak secermelang ayam Bangkok maupun ayam birma. Selain itu peminat ayam saigon juga terbilang tidak terlalu banyak.

Walaupun memiliki banyak kelemahan yakni lambat dalam hal serangan, Ayam ini tetap memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh ayam lainnya. yaitu memiliki fisik yang sangat kuat dari struktur otot-otot serta struktur tulang yang sangat kokoh. Sehingga membuat ayam ini kuat terharap pukulan lawannya.

Ciri-ciri ayam saigon terletak pada bagian kelapanya yang tidak di tumbuhi bulu sebagaiman ayam pada umumnya. Hal ini juga membuat ayam ini menjadi populer dikalangan pengemar sabung ayam. Selain itu ayam ini juga memiliki bulu ekor yang pendek.

Keempat adalah Ayam Shamo

Ayam shamo berasal dari Thailand, ada juga yang berasal dari Jepang, di Indonesia ayam shamo berasal dari Thiland lebih disukai dibandingkan ayam shamo Jepang. Hal ini mungkin terjadi mungkin karena ayam Thailand sudah terkenal dengan ayam Bangkoknya di Indonesia, jadi ketika ayam shamo asal Thailand masuk ke Indonesia ayam tersebut langsung mendapatkan tempat di hati para pengemar sabung ayam.

BACA JUGA :   Merawat Ayam Bangkok Pukul Keras Usai Bertarung 

Jika dilihat tubuh ukuran ayam shamo bisa digolongkan ayam super. Bagaimana tidak? kebanyakan Jenia ayam laga lainnya hanya memiliki berat bada 4-5 kg saja, sedangkan ayam shamo asal Thailand ini mempunyai berat hingga 7 kg tingginya mencapai 80 cm. Jadi sebutan ayam bangkok super sangat layak untuk ayam shamo.

Kelima Ayam Brazil

Ayam brazil merupakan salah satu jenis ayam laga yang memiliki popularitas yang cukup tinggi bagi pengemar sabung ayam. Ayam ini sebenernya merupakan keterunan ayam shoma Jepang, kemudian di kembangbiakkan di Amerika Selatan.

Dari segi postur tubuh ayam mirip dengan ayam pelung yang mempunyai tubuh tinggi besar. Selain lincah dan gesit ayam ini juga memiliki keunikan dalam bertarung. Namum yang paling menonjol dari ayam ini adalah keakuratan dalam menyerang dan kecepatan dalam memberikan serang terhadap musuhnya.

Keenam adalah Ayam Filipina

Ayam Filipina adalah salah satu jenis ayam laga yang paling populer di kalangan pengemar sabung ayam. Selain mempunyai tubuh yang kekar, ayam ini juga memiliki bulu yang lebat. Warna bulunya bervariasi, mulai dari hijau, merah, putih dan kuning.

Ada lima jenis ayam filipina yang tersebar di Indonesia. Yang pertama adalah Black Bonanza, ciri yang paling menonjol dari jenis ayam ini adalah memiliki bulu yang berwarna hitam hampir di seluruh tubuhnya. Jenis berikutnya adalah White Claret, sesuai dengan namanya ayam ini memiliki warna putih yang memenuhi seluruh tubuhnya.

BACA JUGA :   Ciri Ayam Bangkok Pembunuh Dengan Pukulan Mematikan

Ada juga yang di sebut dengan Grey Cockfight dengan bulu yang indah juga di kenal sebagai jagoaan dalam bertarung. Kemudian yang berwarna bulu merah di sebut Alba. Dan yang terakhir adalah Sweater Roundhead dengan postur tubuh yang paling tegap dan singset.

Ketujuh Ayam Taiwan

Ayam Taiwan adalah jenis ayam laga yang memilih tubuh bisa di katakan paling besar, untuk berat badan ayam jantan bisa mencapai 7 kg sedangkan betinanya bisa mencapai 5 kg, tinggi ayam ini juga sangat tinggi mencapai 85 cm. Bentuk ayam ini seperti ayam shamo tetapi lebih besar dan berat.

Kedelapan Ayam Pama

Ayam pama adalah jenis ayam laga yang berasal dari Burma yang kemudian dikembangbiakan dengan dikawin silangkan dengan gen ayam Thailand, ayam saigon, ayam pakhoe dan ayam brazil. Dari hasil perselingan tersebut menghasilkan setidaknya 5 jenis ayam pama yang sangat disukai di kalangan pengemar sabung ayam, yaitu ayam pama gostan, ayam pama mabin, ayam pama melow, ayam pama rambong, dan ayam pama kradungtong.

Kesembilan Ayam Pakhoe

Bentuk ayam pakhoe mirip sekali dengan ayam bangkok Thailand. Ayam ini merupakan hasil persilangan antara ayam asal Malaysia dengan ayam Myanmar, ayam Thailand dan Brazil.

Ayam pakhoe memiliki ukuran tubuh yang panjang, tulangan yang mendatar dan cenderung menunduk, berbeda dengan ayam bangkok yang memiliki tubuh tegap dan gagah. Rata-rata ayam ini memiliki warna bulu yang sama seperti ayam bangkok. (tim)

<< Kembali | Selanjutnya >>






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI