HOME // Budaya // Daerah // Jawa Timur

 

Setia Hati Winongo Mojokerto Donorkan Darahnya Saat Pasokan Darah Menurun

  Sabtu, 9 Januari 2021

Setia Hati Winongo Mojokerto Donorkan Darahnya Saat Pasokan Darah Menurun
salah satu peserta donor darah diambil darahnya

lenterainspiratif.id | Berita Mojokerto – Pasokan darah mengalami penurunan membuat ratusan anggota Persaudaraan Setia Hati Winongo ( PSHW ) Tunas Muda Pusat Madiun Cabang Mojokerto menggelar donor darah di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) jalan raya jabon kabupaten mojokerto pukul jum’at (8/1/2021) pukul 18.00 wib.


Meskipun dilaksanakan ditengah masa pandemi, kegiatan donor darah PSHW Mojokerto tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Sebelum melaksanakan donor pesera diperiksa suhu tubuh terlebih dahulu. Peserta kemudian diarahkan untuk cuci tangan dan wajib mengenakan masker. Untuk menjaga lokasi terbebas dari kerumunan, panitia mengatur jadwal partisipan dari internal secaran berurutan.

Ratusan anggota PSHW Cabang Mojokerto yang terdiri dari empat ranting satu persatu memasuki ruang donor darah untuk menyumbangkan darahnya karena pasokan darah mengalami penurunan selama masa pandemi pandemi Covid-19. sebelum diambil darahnya para pendonor dicek terlebih dahulu jenis darah serta tingkat kesehatan sang pendonor.

BACA JUGA :   Setia Hati Winongo Mojokerto Targetkan Cetak Atlit Skala Nasional Dalam Seleksi Atlit

Rudi Hartanto Ketua PSHW Cabang Mojokerto menjelaskan bahwa kegiatan donor darah seperti ini akan terus dilakukan setiap tiga bulan sekali karebna hal itu merupakan salahsatu dari ajaran PSHW yakni tentang mengenal falsafah kesosialan tanpa batas dari hindu yang berbunyi Tat Twam Asi yang artinya adalah ia adalah kamu.

” kegiatan seperti ini akan terus kita lakukan, bahkan selanjutnya akan kita tradisikan karena selain donor darah adalah kegiatan membantu sesama juga bisa menyehatkan tubuh kita” jelasnya.

Lebih lanjut, Pria berperawakan tinggi besar yang juga anggota TNI ini menjelaskan bahwa kegiatan ini juga salah satu upaya dari perguruanya dalam membantu negara untuk memenuhi stok darah yang kabarnya menipis, tercatat stok darah minipis sejak pandemi Covid-19. Penurunan pasokan darah bahkan mencapai 50% pada masa awal pandemi.

Sementara itu, Pak Poh Bandi sesepuh PSHW Mojokerto disela kegiatan donor darah mengatakan bahwa kegiatan Donor darah kali ini merupakan kegiatan ke-2 yang kami laksanakan selama masa pandemi.

BACA JUGA :   Vidio Seleksi Atlit, Setia Hati Winongo (PSHW) Pusat Madiun Cabang Mojokerto

” Alhamdulillah, kegiatan kali ini berjalan lancar dan tertib” jelasnya.

Ia tetap merasa bersyukur meski perolehan kantong darah hanya memperoleh sekitar 20 an kantong dari sekitar 100 an peserta, hal itu karena Sebagian partisipan terpaksa tidak diizinkan melakukan donor karena faktor kesehatan yang kurang mendukung dan juga umur yang belum cukup.

Dari informasi yang ada Seiring dengan meningkatnya jumlah pasien Covid-19 di Indonesia, kebutuhan stock darah juga semakin meningkat. Sampai saat ini PMI mengakui bahwa stock darah mulai membaik, namun belum 100% normal. Hal ini menjadi pemantik semangat kepedulian PSHW Mojokerto untuk tetap melaksanakan agenda rutin Donor Darah untuk membantu meningkatkan stock darah di PMI. (roe)

<< Kembali | Selanjutnya >>






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI