Unik, Sulap Abu Jerami Jadi Lukisan, Hasilkan Jutaan Rupiah - Lentera Inspiratif

HOME // Daerah // Jawa Timur // Unik

 

Unik, Sulap Abu Jerami Jadi Lukisan, Hasilkan Jutaan Rupiah

  Rabu, 4 November 2020

Sulap Abu Jerami Jadi Lukisan, Seorang Pemuda di Lumajang Hasilkan Jutaan Rupiah di Tengah Pandemi Dengan
Foto : pelukis saat melukis dengan abu jerami

Lenterainspiratif.com | Lumajang – Warga Desa Penanggal Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang manfaat abu jerami untuk kerajinan ditengah pandemi saat ini, hasil karyanya pun sudah diminati kolektor dari tanah air hingga manca negara.

Pengrajin itu adalah Sendy Agus Cahyana (23). Ditengah pandemi ini ia membuat lukisan yang indah dari bahan abu jerami yang ia dapat dari sawah.

“Ide awal membuat lukisan abu jerami ini karena saya melihat melimpahnya jerami di desa saya. Waktu saya ke sawah membawa pulang jerami kemudian saya bakar. Abu-nya saya haluskan kemudian saya campur dengan lem dan air dan saya buat lukisan. Hasilnya kok bagus dan banyak peminatnya,” ujar Sendy Agus Cahyana, Rabu (4/11/2020).

Proses membuat lukisan itu juga tidak mudah dan membutuhkan kesabaran. Pertama Sendy mencari bahan bakunya yakni jerami di sawah-sawah, ia kemudian membakar jerami tersebut yang kemudian ia tumbuk hingga lembut dan di kayak agar mendapat serbuk halus.

BACA JUGA :   Kapal Tak Bertuan Terbengkalai di Pelabuhan Kupal

Langkah berikutnya yakni membuat adonan abu jerami dengan mencampur abu, lem dan air secukupnya, kemudian dimasukkan ke dalam plastik. Tahap berikutnya desain gambar lukisan di atas media triplek dan lukis menggunakan tinta abu jerami tersebut.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI