Ini Daerah Berpotensi Tsunami Di Jatim - Lentera Inspiratif

HOME // Daerah // Jawa Timur

 

Ini Daerah Berpotensi Tsunami Di Jatim

  Sabtu, 26 September 2020

Ini Daerah Berpotensi Tsunami Di Jatim
Foto : tenaga ahli BPDB Jatim

Lenterainspiratif.com | Surabaya – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Jawa Timur rilis 9 Kabupaten/Kota di Jatim yang berpotensi tsunami, pasca keluarnya riset Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Jadi gini, di Jatim ini untuk bencana tsunami dipetakan dari 38 kabupaten/kota, untuk bencana tsunami yang tinggi ada di 9 kabupaten/kota,” kata Tenaga Ahli BPBD Jatim Suban Wahyudiono, Jumat (25/9/2020).

Suban menyebut, 9 daerah yang berpotensi tsunami yakni Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab dan Kota Blitar, Kabupaten Malang, Lumajang, Jember dan Banyuwangi. Dari 9 kabupaten/kota itu, ada 156 desa yang memiliki potensi tinggi terhadap tsunami.

“Ada 156 desa potensinya tinggi tsunami. Paling banyak di Banyuwangi 48 desa, Pacitan 24 desa dan Trenggalek 13 desa. Desa itu sudah dipetakan,” terang Suban.

Suban mengatakan, pihaknya sudah bekerja sama dengan BNPB, BPDB Kab/Kota dan relawan sejak 2019 lalu untuk mensosialisasikan kepada warga desa yang berpotensi tsunami.

BACA JUGA :   Gerakan Tolak Omnibuslaw, GETOL blokade Frontage Road, Surabaya

“Jadi kita melibatkan 200 anggota termasuk relawan yang masuk ke desa untuk memberi informasi kalau daerah ini potensi tsunami tinggi. Tiap desa sudah kita pasang dengan plakat daerah rawan tsunami. Mereka kita beri pemahaman saat tsunami terjadi, seperti rumusnya 20:20. 20 detik gempa maksimal terjadi, 20 menit lari di atas ketinggian 20 meter. Kita sosialisasikan itu,” terangnya.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI