Oknum Yang Manfaatkan Suku Boeng Di PT-EFI, Mesak Habari : Sangaji Boeng Secara Tegas Bijaki 4 Tuntutan Ini - Lentera Inspiratif

HOME // Daerah // Maluku Utara

 

Oknum Yang Manfaatkan Suku Boeng Di PT-EFI, Mesak Habari : Sangaji Boeng Secara Tegas Bijaki 4 Tuntutan Ini

  Rabu, 9 September 2020

Oknum Yang Manfaatkan Suku Boeng Di PT-EFI, Mesak Habari : Sangaji Boeng Secara Tegas Bijaki 4 Tuntutan Ini
Foto : Ketua Umum Lembaga Pemuda Adat Boeng (LEPA BOENG) Mesak Habari

Lenterainspiratif.com | Halut – Ketua Umum Lembaga Pemuda Adat Boeng (LEPA BOENG) Mesak Habari, meminta pada Sangaji Boeng untuk memecat oknum yang manfaatkan suku Boeng untuk mendapatkan uang di PT. EFI dan PT. NHM Kecamatan Kao, Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut).

Diketahui bahwa, Suku Boeng memiliki identitas tersendiri secara kelembagaan adat dan memiliki harta kekayaan diatas tanah adat yang berada di Kecamatan Kao Utara.

Kepasa media ini melalui WhatsApp Rabu (09/09/2020), Ketua Umum LEPA BOENG, Mesak Habari menyampaikan, dua hari lalu, masyarakat empat suku disibukan dengan membuat surat berupa undangan ke perusahaan, pasalnya adalah sebagai surat sakti.

Menurut mesak bahwa, lembaga Adat adalah suatu organisasi kemasyarakatan, adat yang dibentuk oleh suatu masyarakat hukum, adat yang mempunyai wilayah tertentu, harta kekayaan sendiri serta berhak dan berwenang dalam mengatur SDA dan mengurus untuk menyelesaikan hal-hal yang berkaitan dengan adat itu sendiri dan mengembangkan serta melestarikan adat.

BACA JUGA :   DPD RI Dapil Provinsi Malut Hj. Suriati Armaiyn S.A.P Gelar Sosialisasi Bahaya Narkoba

Mesak pun menyebutkan, untuk di wilayah Kao tempat Perusahaan PT. EFI dan PT. NHM terdapat empat suku adat yakni, Boeng, Pagu, Modole dan Towoliliko.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI