Ritual Uci Gowong Masyarakat Sulamadaha, Dipercaya Bisa Tangkal Penyakit - Lentera Inspiratif

HOME // Budaya // Daerah // Maluku Utara

 

Ritual Uci Gowong Masyarakat Sulamadaha, Dipercaya Bisa Tangkal Penyakit

  Senin, 29 Juni 2020

Ritual
Foto : pelaksanaan Ritual Uci Gowong

Lenterainspirstif.com | Ternate – Ratusan Masyarakat Kelurahan Sulamadaha, Kecamatan Kota Ternate Barat, melaksanakan kegiatan Ritual Uci Gowong Tahun 2020, dengan tujuan untuk hindari segala macam penyakit yang ada di Kelurahan Sulamadaha. Senin (29/06/2020).

Ritual Uci Gowong di lakukan ada beberapa tahap yakni :
1. Ziarah Keramat 4 Soa, di antaranya, Tabanga, Toma Afu, Yalafai dan Sula.
2. Tawaf Keliling Kampung Selama 3 Malam.
3. Siboso Gam (Menenangkan Kampung Selama 4 Hari Dari Bunyi-Bunyian Seperti Musik, Bunyi Klakson sepeda motor dll. 4. Ziarah dan Pembacaan Do’a.

Abdul Rajak Abdullah, sebagai perwakilan dari 4 soa, saat di temui awak media usai Ritual Uci Gowong, pihaknya menceritakan sedikit perjalan sejarah dari 4 Soa di kelurahan sulamadaha.

Ia menceritakan sedikit sejarah ritual ini, kaitannya dengan masuknya masyarakat sula di sulamadaha, bahwa awalnya tempat ini di sebut secara marga masih ada tiha yaitu, Tabanga, Toma Afu, dan Yalafai.

BACA JUGA :   Pulang Dari Tambak, Warga Surabaya Disambar Kereta Hingga Tewas

“Terus datangnya masyarakat sula ke ternate, dengan membayar Upeti di Kedaton ternate, jadi serentak masyarakat sula tidak bisa pulang ke daerah asal, karena lantaran cuaca yang buruk, akhir masyarakat sula pergi ke utara sampai di bagian batasan marga Tabanga, dan mereka minta izin untuk sementara tinggal di masyarakat Marga Tabanga, yang itu berkisar Tahun 1912,” Ucapnya.

Laman: 1234






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI