HOME // Opini

 

Dzikir Fikir dalam Pandemi Covid19

  Selasa, 26 Mei 2020

foto : Ketua Bawaslu Kota Mojokerto, Ulil Abshor.
foto : Ketua Bawaslu Kota Mojokerto, Ulil Abshor.

Penulis : Ulil Abshor, S.PdI
Ketua bawaslu kota Mojokerto

Lenterainspiratif.com | Opini – Diriwayatkan oleh Aisyah dalam sebuah hadits. Bahwa tidak seperti biasanya, Rasulullah subuh itu agak sedikit terlambat ke masjid, maka Bilal menyusul ke rumah. Begitu masuk, Bilal mendapati Rasulullah SAW. sembab mata dan di pipinya masih ada linangan air mata. Bilal menghibur: “ Ya Rasulullah, mengapa engkau menangis? Bukankah Allah sudah mengampuni dosa-dosamu yang telah berlalu dan yang akan datang?” Rasulullah Saw menjawab: “Bilal, malam ini Jibril datang membawa wahyu yang Dahsyat. Celaka bagi orang yang membacanya dan tidak memikirkan makna dan substansinya.” Kemudian Rasulullah membacakan ayat tersebut :

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِّأُولِي الْأَلْبَابِ

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

BACA JUGA :   Dihantam Dump Truck Pemuda Asal Jombang Tewas Seketika Di Mojokerto

(QS. Surat Ali Imran: 190-191)

Berdasarkan riwayat asbun nuzul ayat diatas, sebagai umat beragama kita sudah sepantasnya belajar dari pesan Rasul untuk memperbanyak dzikir sebagai jalan mendekat (taqorrub) pada Ilahi. Fase berikutnya menuru KH. Qurasy shihab ialah akal kita bisa berfikir jernih serta bijaksana, karena ibarat akal laksana lahan persawahan, jika tidak ditanami, akan tumbuh rumput dan alang alang. Ketika akal selalu diajak berfikir memecahkan masalah, maka akal akan menyesuaikan seperti teko Ajaibnya Aladin.

Laman: 123






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI