Museum Trikora Morotai Sangat Memprihatinkan - Lentera Inspiratif

HOME // Daerah

 

Museum Trikora Morotai Sangat Memprihatinkan

  Jumat, 24 November 2017

foto : museum trikora morotai

Jurnalis : Faisal Habeba

MOROTAI, Lentera inspiratif.com
Museum Trikora yang berada di lokasi Desa Wawama, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Morotai, Maluku utara, menjadi keluhan masyarakat morotai. Pasalnya, benda benda sejarah kurang diperhatikan sehingga kondisinya sangat memprihatinkan. Bukan hanya itu saja, gedung museum pun juga dalam kondisi banyak yang rusak. Hal tersebut, dipengaruhi oleh kurang pedulinya pemerintah daerah dalam merawat museum serta cagar budaya yang ada.
Andrean, salah satu pengunjung museum saat di temui lentera inspiratif.com, Jumat (24/112017), mengatakan bahwa museum tersebut ada banyak benda peninggalan perang dunia dua (PD II). Sebab, kabupaten pulau Morotai adalah salah satu tempat yang dijadikan singgahan oleh sekutu ketika perang dunia II. Maka dari itu, para sekutu telah meninggalkan banyak benda peninggalannya yang berada di morotai. Dan yang pastinya, benda benda bersejarah itu telah disimpan didalam museum. Tapi, benda benda tersebut kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Karena kurangnya perhatian dari pemerintah setempat.
“Yang pastinya pihak sekutu meninggalkan benda bersejarah, seperti alat tempur, senjata, puing pesawat, bekas peluru, dsb, “ujarnya
Sudah saatnya benda yang berkaitan dengan peninggalan sejarah perang dunia dua (PD II) itu, di rawat serta hiasai dalam museum tersebut. Dan kami berharap, pihak pemerintah kabupaten pulau morotai, agar memperhatikan museum karena sebagai cagar budaya. Sehingga, museum diperdayakan gunakan ke masyarakat luas, dan khususnya masyarakat morotai, supaya mengetahui  akan sejarah morotai di masa perang dunia dua (PD II).
“Agar pengunjung pun bisa melihat peninggalan fisik di museum tersebut.”tegasnya
Kabiro Maluku Utara : Iksan Togol

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI