Wapres Sampaikan, Persoalan Konflik Bukan Karena Agama - Lentera Inspiratif

HOME // Daerah

 

Wapres Sampaikan, Persoalan Konflik Bukan Karena Agama

  Senin, 30 Oktober 2017

foto : jusuf kalla saat berikan kuliah umum pada AYIC 2017
Jurnalis : Didit Siswantoro
Jombang, Lentera Inspiratif.com
Di acara Asean Youth Interfaith Camp (AYIC) 2017, yang berada di Auditorium Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (UNIPDU) Jombang, Jawa Timur. Wakil Presiden Jusuf Kalla sampaikan bahwa konflik terjadi bukan karena Agama. Namun, Konflik terjadi itu karena persoalan ketidakadilan.
“Konflik terjadi itu karena ketidakadilan bukan karena agama, “tutur Wapres Jusuf Kalla, saat berikan kuliah umum di acara ayic 2017, pada (29/10/2017).
Kegiatan AYIC diikuti 146 peserta dari 21 Negara salah satunya Indonesia.
Kegiatan AYIC merupakan bagian dalam rangkaian menyambut HUT ASEAN yang Ke-50. Disamping itu, untuk memperkenalkan bahwa ASEAN merupakan mempunyai Toleransi yang sangat luar biasa. Buktinya, Di Asean ada mayoritas Islam yakni Indonesia, Brunei Darussalam dan Malaysia. Sedangkan mayoritas Katholik ada di Filipina dan Budha ada di Vietnam, Thailand dan sekitarnya.
“Dengan berbagai agama yang ada kita tetap bersatu, dan saling menghormati, “ucapnya
Namun, untuk konflik yang pernah ada di Indonesia, seperti Ambon, Aceh dan Poso merupakan bagian dari ‘Ketidakadilan bukan karena Agama.
“Ketidakadilan lah yang menyebabkan konflik, dan juga proses demokrasi juga menyebabkan konflik, “jelasnya
Untuk itu, para peserta AYIC 2017, untuk bisa menjadi Pemimpin yang adil bagi negara nya dimasa depan. “Mari kita jaga dengan hidup toleran dan harmonis di Asean, khususnya. “pungkasnya (dit)





Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI