SMA Negeri 10 Ternate Bentuk Nasionalisme Dengan Pramuka - Lentera Inspiratif

HOME // Daerah

 

SMA Negeri 10 Ternate Bentuk Nasionalisme Dengan Pramuka

  Minggu, 15 Oktober 2017

foto : ilustrasi kegiatan pramuka

Jurnalis : Sarif Umra

Ternate, Lentera Inspiratif.com
Pramuka merupakan warisan dari orde baru yang pembangunan nasionalismenya tidak lagi di pertanyakan, organisasi tersebut juga yang berkegiatan semi militer yang bertujuan membentuk pemuda yang mandiri dan disiplin. Pada sabtu 14/10/2017 di SMA negeri 10 ternate kecamatan ternate tengah terlihat berkumpul di halaman sekolah dengan berseragam berwarna coklat, dan berkalung kain merah putih serta berkabaret coklat, ternyata terdapat kegiatan pramuka. 
ani selaku pembina pramuka sekolah tersebut gudep patimura dan srikandi 00405-00406 mengatakan bahwa kegiatan tersebut untuk mengcanter nasionalisme pemuda yang sudah mulai luntur dan isu tentang pendirian negara yang selain ber idiologi pancasila.
kegiatan tersebut akan berlangsung selama dua hari yakni sabtu sampai dengan minggu, selain itu dalam kegiatan tersebut adalah proses pindah golongan antara tamu ambalan menjadi anggota ambalan, antara golongan bantara menjadi laksana. 
masih kata ani, harapan dari kegiatan tersebut lebih di tingkatkan dari jenjang rendah ke jenjang yang lebih tinggi baik secara mentalitas maupun pengetahuan, dan menciptakan kader pramuka yang militan serta menjunjung tinggi tri satya dan dasa dharma pramuka yang mana dalam dasa dharma tersebut mengajarkan tentang kesidiplinan, saling menghormati.
trisatya memliki isi pertama menjalankan kewajibpanya terhadap tuhan dan negara kesataun republik indonesia, kedua menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat, ketiga menepati dasa dharma. sementara isi dasa dharma pertama takwa kepada tuhan yang maha esa, kedua cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, ketiga patriot yang sopan dan kesatria, keempat patuh dan suka bermusyawarah, kelima rela menolong dan tabah, keenam rajin, trampil dan gembira, ketujuh hemat, cermat dan bersahaja, kedelapan disiplin berani dan setia, kesembilan bertanggungjawab dan dapat di percaya dan kesepuluh suci dalam pikiran dan perbuatan. (rif/san)
Kabiro Maluku Utara : Iksan Togol
Editor : Siswanto

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI