Desa Banjarsari Akan Jadi Desa Percontohan Di Kabupaten Jombang - Lentera Inspiratif

HOME // Daerah

 

Desa Banjarsari Akan Jadi Desa Percontohan Di Kabupaten Jombang

  Jumat, 29 September 2017

foto : kepala desa banjarsari basyarudin saleh

Jurnalis : Didit Siswantoro

Jombang,  lenterakiri.com
Basyarudin Saleh yang merupakan Kepala Desa Banjarsari,  Kecamatan Bandarkedungmulyo,  Kabupaten Jombang,  Jawa Timur, ingin menjadikan desanya menjadi desa percontohan. Pasalnya,  ada hal yang tak biasa di Dusun Ponggok, Desa Banjarsari,  Kecamatan Bandarkedungmulyo,  Kabupaten Jombang,  Jawa Timur, karena Desa tersebut mendadak ramai dikunjungi orang. Sebab,  tempat tersebut yang dulunya lahan pertanian tebu, sekarang disulap menjadi wahana wisata dan edukasi pertanian. Karena,  didalam tempat tersebut,  terdapat beberapa varietas baru pertanian yang bisa dicontoh oleh warga Jombang lainnya. Seperti, tanaman padi,  jagung, kedelai, sayuran serta buah buahan dsb.
Diarea lahan sekitar 1 hektar ini sudah terdapat beberapa varietas pertanian. Tempat tersebut, dibuat bukan seperti lahan pertanian biasa. Namun,   disisi lain disulap seperti taman wisata dan juga untuk edukasi. Sehingga masyarakat,  akan tertarik dengan tempat tersebut.
“Tempat ini kurang lebih seluas 10hektar,  namun untuk sementara ini hanya 1 hektar yang dipergunakannya. Serta anggaran, untuk tempat itu dari Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur. Karena,  saya ingin tempat tersebut menjadi tempat edukasi dan wahana wisata. Agar Desa Banjarsari, Kecamatan Bandarkedungmulyo menjadi Desa percontohan di Kabupaten Jombang, khususnya. “ucap Kepala Desa Banjarsari,  Basyarudin Saleh, saat ditemui (29/09/2017).
Masih menurut Basyarudin,  di tempat itu terdapat beberapa varietas baru pertanian. Didalamnya ada,  sayuran,  buah-buahan, jagung, padi, kedalai dsb. Dan kami akan meningkatkan lagi, agar tempat tersebut menjadi percontohan nantinya. Dan tanggal 3/10/2017 mendatang, tempat ini akan diresmikan oleh Gubernur  Jawa Timur. “tegasnya (dit)

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI