Tahun Baru Islam, Warga Rejoslamet Lakukan Ruwat Desa Dengan Pawai Ta'aruf - Lentera Inspiratif

HOME // Budaya // Daerah

 

Tahun Baru Islam, Warga Rejoslamet Lakukan Ruwat Desa Dengan Pawai Ta’aruf

  Minggu, 24 September 2017

foto : kepala desa setempat beserta jajarannya

Jurnalis : Didit Siswantoro

Jombang, lenterakiri.com
Ada hal yang biasa di Desa Rejoslamet,  Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang,  Jawa Timur, pada Minggu (24/09/2017). Pasalnya,  dalam memperingati Tahun Baru Islam 1439 H, warga Desa setempat menggelar acara pawai ta'aruf dibarengi dengan ' Ruwatan Desa. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh warga masyarakat Desa Rejoslamet, Kecamatan Mojowarno, mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. Warga tampak antusias dengan kegiatan tersebut. Karena kegiatannya dilakukan dengan pawai serta para peserta berkeliling Desa, ditambah dengan mengenakan beberapa pakaian suku adat khas Nusantara. Meskipun begitu, tetapi peserta perempuan masih tetap mengenakan hijab tertutup.

Sementara itu, Sulkan, Kepala Desa Setempat mengatakan, bahwa kegiatan pawai ini dilakukan dalam rangka memperingati tahun baru islam 1439H. Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran perangkat Desa Rejoslamet, Kecamatan Mojowarno. Dalam kegiatan yang diselenggarakan ini mencerminkan kerukunan antar  warga, dan juga sebagai bentuk persatuan yang terjalin. Serta memupuk rasa gotong royong yang semakin hari semakin pudar. "ucapnya

BACA JUGA :   Perbaiki Diesel, Mispan Meregang Nyawa

Ditempat terpisah, Novita Eki Wardani, Ketua Fraksi Partai Demokrat, dan juga anggota DPRD Kabupaten Jombang, Jawa Timur,  yang tampak hadir diacara tersebut, menuturkan 'ia sangat mengapresiasi kepada warga Desa Rejoslamet, dan Juga Kepala Desa beserta Jajarannya. Bahwa kegiatan yang diselenggarakan ini tercermin, rasa kekompakan antar warga. Disisi lain mencerminkan Islam Nusantara, yang menunjukkan Islam dibangun atas fundamental kasih sayang atas dasar Rahmatan lil Alamin. Serta agar persatuan dan kesatuan tetap terjaga meskipun dalam perbedaan. "pungkasnya (dit)

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI