Pendopo Agung Beserta Tempat Sumpah Palapa Gajah Mada - Lentera Inspiratif

HOME // Budaya

 

Pendopo Agung Beserta Tempat Sumpah Palapa Gajah Mada

  Jumat, 22 September 2017

foto : pengunjung saat berada ditempat sumpah palapa

Jurnalis : Siswanto

Mojokerto, Lentera Inspiratif.com
Majapahit merupakan Kerajaan yang didirikan oleh seorang Raja yang bernama Raden Wijaya, dan Majapahit mencapai kejayaannya pada masa Pemerintahan Hayam Wuruk dengan Maha Patihnya Gajah Mada, yang terkenal dengan sumpahnya Amukti Palapa. Pendopo Agung adalah bangunan yang bergaya joglo. Dan konon disinilah tempat Maha Patih Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa. Ketika dirinya diangkat sebagai  Patih Amungkubhumi pada tahun 1258 saka  (1336 M), Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa yang berisi bahwa, ia tidak akan “Menikmati Palapa atau Rempah-Rempah (yang diartikan dengan kenikmatan dunia), bila seluruh kerajaan yang namanya disebut dalam sumpahnya telah dipersatukan dalam Nusantara.

Pendopo Agung yang berada di Desa Nglinguk,  Kecamatan Trowulan,  Kabupaten Mojokerto,  Jawa Timur, menyimpan banyak sejarah. Di Kecamatan Trowulan, banyak sekali peninggalan-peninggalan sejarah yang berhubungan dengan Kerajaan Mojopahit yang termasyur di Nusantara. Karena disini lah Pemerintahan Mojopahit dulu dijalankan.

BACA JUGA :   Sejarah Hari Natal Di Dunia

Sementara itu, wisatawan asal Maluku Utara (Ternate), ‘Cut Mutiah Darmawan Usman, ketika ditemui pada Jumat (22/09/2017), mengatakan bahwa dirinya sangat tertarik dan penasaran dengan tempat kebesaran Kerajaan Mojopahit. Dan ternyata ditempat tersebut yakni Pendopo Agung merupakan cikal bakal berdirinya Kerajaan Mojopahit. Serta tempat Sumpah Palapa yang dikumandang oleh Maha Patih Gajah Mada.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI